5 Manfaat dari Minyak Alpukat untuk Kesehatan Kulit

harianlenteraindonesia.co.id – Selain rasanya enak, buah alpukat juga memiliki banak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya dengan mengoleskan minyak alpukat terbukti meningkatkan kesehatan kulit.

Kemudian minyak alpukat dapat mengatasi masalah kulit seperti eksim dan jerawat, meningkatkan elastisitas kulit, serta memberi kulit penampilan awet muda.

Lalu minyak alpukat bisa meningkatkan produksi kolagen serta melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini penyebab utama kerusakan kulit dan rambut.

Lantas, masih adakah manfaat lain dari minyak alpukat untuk kesehatan kulit? Berikut pemaparannya, seperti dinukil dari laman Times of India, Selasa (18/5/2021).

1. Sifat anti-penuaan

Seiring bertambahnya usia, produksi minyak dan kolagen alami tubuh jadi menurun sehingga membuat kulit lebih kering, kasar, dan tidak awet muda. Menggunakan minyak alpukat untuk mengatasi kerutan wajah adalah pilihan yang sangat baik. Ketika digunakan secara topikal, minyak alpukat dikenal ampuh memerangi kekeringan kulit dan dapat meningkatkan produksi kolagen.

2. Melawan radikal bebas

Radikal bebas tidak hanya menimbulkan penyakit, tetapi juga membuat perubahan kulit yang tidak diinginkan, termasuk bintik-bintik penuaan, keriput, serta masalah yang lebih serius seperti kanker kulit.

Melalui kandungan nutrisi dan antioksidan yang kaya, minyak alpukat dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas saat dioleskan secara eksternal dan mengurangi kemungkinan gangguan kesehatan yang disebabkan radikal bebas.

3. Membantu meredakan sengatan matahari

Dikarenakan minyak alpukat kaya vitamin E, beta-karoten, vitamin D, protein, lesitin, dan asam lemak; ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk produk-produk alami setelah terkena sengatan sinar matahari.

4. Membantu mengurangi peradangan dan iritasi kulit

Antioksidan dan vitamin dalam minyak alpukat dapat membantu menyembuhkan kulit kering, iritasi, dan sisik yang terkait eksim serta psoriasis. Seseorang dengan kondisi kulit mungkin ingin menguji sebagian kulit terlebih dahulu untuk memastikan bahwa minyak tidak memicu atau memperburuk gejala mereka.

5. Cegah jerawat

Lapisan kulit terluar, yang dikenal sebagai epidermis, dengan mudah menyerap nutrisi yang ada dalam minyak alpukat, yang juga membantu membentuk kulit baru. Jika dibiarkan dalam waktu singkat dan dibilas dengan air hangat, minyak alpukat bisa menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan residu berminyak. Ini dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat. (Red)

Pos terkait