Yuk Terapkan 6 Langkah Ini, Cegah Kanker Payudara

harianlenteraindonesia.co.id – Berdasarkan data dan hasil sejumlah penelitian, kanker payudara menjadi penyakit kanker yang paling banyak diderita wanita di dunia. Kanker payudara terjadi saat ada pertumbuhan abnormal sel-sel kanker yang membelah lebih cepat di payudara sehingga menumpuk untuk membentuk benjolan.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Di antaranya pola hidup, lingkungan, dan genetik tertentu.

Seperti diketahui, faktor genetik merupakan hal yang tidak dapat diubah. Tetapi faktor lainnya seperti pola hidup bisa diubah untuk mencegah kanker payudara.

Dinukil dari laman Boldsky, ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

1. Menyusui

Seorang ibu, ada kemungkinan lebih rendah terkena kanker payudara jika menyusui lebih dari setahun. Air susu ibu (ASI) mengandung alfa-laktalbumin dan asam oleat yang bisa membatasi kemampuan sel kanker payudara untuk bertindak secara tidak normal.

2. Konsumsi makanan nabati

Makan buah dan sayuran berwarna cerah yang mengandung flavonoid diyakini dapat membantu menurunkan risiko kanker, karena kandungan flavonoid dalam buah dan sayur dapat mengatur pembelahan sel serta menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara.

3. Berhenti merokok

Menurut sebuah penelitian, wanita yang mulai merokok selama 5 tahun sebelum pertama kali hamil memiliki risiko terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak pernah merokok.

4. Tetap aktif secara fisik

Olahraga berperan penting dalam terapi kanker payudara. Berdasarkan penelitian, aktivitas fisik dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara sebanyak 25 hingga 30 persen.

5. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan sama pentingnya karena jika kamu kelebihan berat badan bakal meningkatkan risiko kanker payudara.

6. Batasi asupan alkohol

Menurut penelitian, minum alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sebaiknya kamu mulai menghindari minum alkohol dan menggantinya dengan banyak minum air putih yang banyak. (Red)

Pos terkait