Manfaat Kunyit Untuk Mengobati Asam Lambung

harianlenteraindonesia.co.id – Manfaat kunyit selama ini dikenal luas sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya, kunyit dipercaya ampuh digunakan sebagai obat asam lambung alami. Sebelum mengupas cara mengobati asam lambung dengan kunyit, simak penjelasan manfaat kunyit untuk asam lambung berikut.

Manfaat kunyit untuk asam lambung Dilansir dari Healthline, kunyit adalah bahan alami yang banyak mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan. Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit dipercaya bisa mengobati nyeri haid, radang sendi, sampai menjaga kesehatan pencernaan.

Beragam manfaat kunyit untuk kesehatan tersebut terkait dengan kandungan zat curcumin di dalam rempah berwarna kuning ini. Curcumin adalah jenis antioksidan polifenol. Antioksidan ini bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai zat antikanker. Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan, manfaat kunyit dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung naik seperti heartburn (sakit perut atas sampai ke dada).

Penelitian pada 2007 menyebutkan, GERD atau penyakit asam lambung kronis disebabkan peradangan dan stres oksidatif. Dari studi tersebut, mengobati asam lambung dan GERD perlu menggunakan zat dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi seperti kunyit. (Red)

Pos terkait