Tips untuk Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa

harianlenteraindonesia.co.idMulut kering selama puasa di bulan Ramadhan menyebabkan bau mulut. Kebanyakan orang merasa malu karena bau mulut akibat kekurangan air selama jam puasa yang panjang.

Bau mulut saat puasa dialami banyak orang. Ini memengaruhi produktivitas, kepercayaan diri, dan orang lain.

Orang yang berpuasa mungkin kadang merasa malu karena bau mulut. Bahkan, bau mulut juga dapat menyebabkan seseorang menjadi malas berbicara.

Kabar baiknya, menjaga kebersihan mulut dengan sebaik-baiknya dapat membantu mengatasi masalah ini dan menikmati Ramadhan tanpa bau mulut.

Seperti dikutip dari laman Egypttoday, Senin (19/4/2021), berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa di bulan suci Ramadhan.

1. Sikat gigi setelah makan sahur. Selain itu, gunakan obat kumur dengan aroma mint atau green tea untuk mengusir bau mulut.

2. Setelah sikat gigi, gunakan benang floss untuk menghilangkan semua sisa makanan yang menyebabkan bau mulut. Ini karena menyikat gigi saja hanya membersihkan sekira 60 persen permukaan gigi.

3. Selain menyikat gigi, disarankan juga menyikat lidah. Ini karena lidah berperan dalam proses mencerna makanan di mulut.

4. Diimbau juga mengunyah permen karet mentol sebelum tidur. Ini berfungsi membuat napas terasa lebih segar saat bangun sahur.

5. Jangan terlalu banyak mengonsumsi produk susu saat sahur. Ini karena produk susu dapat memicu timbulnya napas yang bau.

6. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Hindari mengonsumsi makanan yang beraroma kuat atau pedas.

7. Kurangi makanan dan minuman manis. Ini karena dapat meningkatkan jumlah bakteri di mulut.

8. Berhenti merokok selama bulan puasa. Rokok yang mengandung tingkat keasaman tinggi dapat memicu timbulnya bau mulut. (Red)

Pos terkait