Sebulan, Kasus Narkoba di Banyuwangi Naik: Tangkap 32 Tersangka dan Ungkap 24 Kasus Narkotika

  • Whatsapp

Banyuwangi, harianlenteraindonesia.co.id

Sebulan terakhir, Maret 2021, Satuan Reserse Narkoba Polresta Banyuwangi berhasil menangkap 32 orang dan mengungkap 24 kasus narkotika.

“Dari 24 kasus narkotika yang diungkap rata-rata jenisnya ialah sabu,” ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin.

Kapolresta Banyuwangi menjelaskan, dari kasus ini jumlah tersangka yang diamankan 32 orang, laki-laki 28 orang dan perempuan 4 orang,” bebernya saat konerensi pers di Mapolresta, Selasa (30/3/21).

Arman mengatakan, dari 32 tersangka itu rata-rata adalah pemasok, penjual, dan pemakai. Sedangkan alasan yang mereka lakukan dalam kasus tersebut berdalih untuk kegiatan kerja, namun rata-rata mereka adalah pemain lama dimana ada yang jual 17 gram (sabu) dan sebagainya,” terangnya.

Total barang bukti yang disita polisi dari 24 kasus tersebut diantaranya 169,34 gram sabu, uang tunai Rp. 1.456 ribu rupiah, handphone 33 unit, sepeda motor 8 unit, dan timbangan digital sejumlah 13 unit.

Sedangkan modus operandi yang dilakukan tersangka dengan sistem ranjau atau cara menyerahkan barang pesanan berupa narkotika dengan diletakkan di suatu tempat tersembunyi. Kemudian, pengedar memberitahu pemesan bahwa narkoba sudah diletakkan ditempat tertentu.

“Setelan mendapatkan barang sistem kembali, seperti kebiasaan adalah ranjau,” ujar Arman.

Menurut Kapolresta, selama ini kasus yang paling diungkap di Banyuwangi adalah narkotika. Untuk itu pihaknya berharap peran dari masyarakat juga dibutuhkan dalam memaksimalkan perang terhadap narkotika.

Ia juga minta kepada masyarakat agar memberikan informasi kepada kita di dalam hal hubungannya dengan penindakan terhadap narkotika,” ujar Kapolresta. (Aji)

Pos terkait