4 Makanan Sumber Kolagen, Bikin Kulit Makin Sehat dan Awet Muda

harianlenteraindonesia.co.idSetiap manusia pasti ingin memiliki kulit sehat. Salah satu cara meraihnya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi kolagen. Ini bisa didapat melalui makanan sumber kolagen.

Pola makan yang sehat memberi peran cukup besar untuk kesehatan kulit. Pasalnya, kulit yang cantik dan sehat tidak hanya berkat perawatan dari luar, tetapi juga dari dalam.

Salah satu kandungan yang membuat kulit sehat dan awet muda adalah kolagen. Ini merupakan salah satu protein yang memengaruhi struktur, kekenyalan, dan elastisitas kulit.

Kolagen sebenarnya diproduksi sendiri oleh tubuh, tetapi seiring bertambahnya usia, produksinya makin sedikit. Itulah alasan mengapa makin bertambah usia, kulit makin tipis dan keriput.

Memang sekarang ada berbagai suplemen dan minuman kolagen, tapi ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu tubuh memproduksi kolagen.

Apa saja makanan sumber kolagen itu? Berikut ini daftarnya, sebagaimana dilansir laman Healthline.

1. Ikan

Di urutan pertama ada ikan dan kerang. Kedua bahan makanan ini memiliki tulang serta ligamen yang terbuat dari kolagen. Para peneliti menemukan bahwa kulit ikan merupakan sumber peptida kolagen. Cobalah mengonsumsi ikan tuna atau salmon untuk menambah asupan kolagen tubuh.

2. Putih telur

Putih telur ternyata mengandung prolin dalam jumlah besar. Prolin merupakan asam amino yang diperlukan untuk memproduksi kolagen dalam tubuh.

3. Jeruk

Semua pasti sudah tahu bahwa buah jeruk mengandung banyak vitamin C. Nutrisi yang satu ini memberikan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Oleh karena itu, mendapatkan cukup vitamin C sangat penting untuk kesehatan kulit.

4. Kacang

Kacang merupakan makanan berprotein tinggi yang mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Cobalah mengonsumsi kacang mete, salah satu kacang yang mengandung zinc dan tembaga. Kedua kandungan tersebut meningkatkan kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen. (Red)

Pos terkait