4 Tips Cara Aman Gunakan Standar Samping Motor

  • Whatsapp
harianlenteraindonesia.co.id – Sepeda motor dilengkapi dua jenis standar yang dapat dipilih pengguna untuk menopang bobot roda dua saat tidak dikendarai atau parkir. Pengguna bisa memilih sesuai kebutuhan, seperti situasi sekitar dan kenyamanan.
Standar samping mungkin jenis yang lebih sering digunakan ketimbang tengah, alasannya karena kemudahan, cepat, dan lebih sedikit usaha. Namun biker perlu tau standar samping lebih ‘ringkih’ jika digunakan pada posisi yang tidak pas karena ada risiko motor jatuh.

Berikut ini beberapa tips yang bisa membuat standar samping lebih aman digunakan menurut dealer Honda, Astra Motor:

Ganti suspensi

Tips pertama untuk melepas kekhawatiran Anda terkait standar samping yakni mengganti shockbreaker dengan ukuran lebih tinggi. Perubahan ini membuat standar samping menjadi lebih tegak dan mengurangi potensi motor jatuh.

Ganti ban

Sama seperti shockbreaker, penggantian ban dengan ukuran lebih besar juga dapat menyebabkan standar samping lebih tegak dan mengurangi potensi motor jatuh.

Pasang kickstand shoe

Tips selanjutnya memasang kickstand shoe sebagai alas tambahan yang dapat mendistribusikan berat motor lebih menyebar. Dengan cara ini, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Penggunaan kickstand shoe membuat tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin kuat ketika menopang berat motor.

Lebih aman standar tengah

Risiko lain parkir motor dengan standar samping yakni menyebabkan suspensi bagian kiri lebih terbebani, apalagi jika diduduki seseorang. Hal ini juga mempengaruhi kekuatan suspensi dalam waktu lama. Bukan hanya itu, ban juga disebut akan mengalami penurunan kualitas apabila sering menggunakan standar samping ketika parkir. Hal itu disebabkan ban belakang dan ban depan lebih condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. (Red)

Pos terkait