Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMPN Kabupaten Magetan di SMPN 1 Bendo

  • Whatsapp

Magetan, harianlenteraindonesia.co.id

Kegiatan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMPN kabupaten Magetan diikuti oleh 39 Kepala Sekolah SMPN di Kabupaten Magetan, termasuk 3 PLT diantaranya. MKKS SMPN dibentuk oleh para kepala sekolah SMPN di kab Magetan. Untuk kegiatan kali ini dilaksanakan di SMPN 1 Bendo. (Rabu,3/8/2022).

Hadir dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ini Ketua MKKS SMPN Magetan Agus Sunadi, Titik Suprawoto dan Kepala dinas Dikpora Kab Magetan yang diwakili Sekdin Dikpora kab Magetan Endang Ambarwati.

Titik Suprawoto menjelaskan ” Saat ini kita tekankan terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik”.

“Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran. Ambil satu contoh dalam Pramuka diperlukan kearifan dalam mengimplementasikan disekolah. Karena Pramuka adalah agen perubahan”.

“Kepada seluruh kepala sekolah agar terus bergerak karena tugas kita adalah menyemangati seluruh kepala sekolah agar lebih baik lagi di masa depan.” tegas Titik Suptawoto.

Sementara itu Endang Ambarwati Sekdin Dikpora mengatakan “Forum MKKS ini merupakan wadah pertemuan bagi kepala sekolah untuk meningkatkan kapasitas Kepala sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan di satuan pendidikan mereka. Dari dinas sendiri terus di update informasi terkait regulasi pemerintahan. Selain itu kami harapkan agar ke depan antara administrasi dan implementasi di lapangan bisa sinkron. Karena ini MKKS ini adalah forum diskusi diharapkan ke depan aktivasi terkait IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) menjadi satu fokus KBM.Kedepan Kabupaten Magetan akan menjadi tempat UKBI (Uji Kemandirian Bahasa Indonesia)”pungkas Endang.

Dalam acara ramah tamah peserta dihibur dengan iringan seni karawitan SMPN 1 Bendo yang diberi nama Sbensa Laras tak ketinggalan Bunda Titik Suprawoto menyumbangkan gending Suroboyo Kumandang dilanjutkan Ojo Lamis oleh Harum Subagyo Kepala sekolah SMP N 1 Bendo. Video kegiatan ini di klik di http://www.youtube.com/c/BeniSetyawanMagetan.

Pos terkait