Pastikan Kondisi Mesin ADM Berfungsi Baik Dispendukcapil

Malang, harianlenteraindonesia.co.id

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memastikan bahwa kondisi mesin Anjungan Dukcapil Mandiri yang tersebar di 17 Kantor Kecamatan di Kabupaten Malang dalam kondisi sangat bagus dan berfungsi dengan baik.

Alhamdulillah hingga saat ini kondisi ADM kami sangat bagus dan berfungsi dengan baik untuk melakukan pencetakan berbagai kebutuhan adminduk masyarakat,”kata Plt Kadispendukcapil Drs Sirath Aziz Msi ditemui MEDIA LENTERA INDONESIA. kamis (22/4/2021).

Pihaknya, lanjut Sirath Aziz juga tetap rutin melakukan perawatan dan pengecekan rutin sebulan sekali, hal ini dilakukan lantaran mesin ADM tersebut termasuk barang baru di Kabupaten Malang, sehingga membutuhkan pemeliharaan secara berkala agar tetap mampu memenuhi kebutuhan adminduk masyarakat.

Lantas kapan kekurangan mesin ADM di 16 Kantor Kecamatan Lainnya akan dipenuhi, Sirath Aziz menjelaskan jika ditahun 2021 ini,pihaknya sudah menganggarkan pengadaan 16 mesin ADM untuk Kecamatan yang belum ada mesin ADM, termasuk kecamatan Bululawang.

“Insyaallah, dalam waktu dekat ini sudah datang dan didistribusikan untuk 16 kantor kecamatan yang belum ada mesin ADM, salah satunya di kantor kecamatan Bululawang,”tegas Sirath Aziz.

Sirath juga menandaskan, jika pihaknya dibantu pegawai kantor kecamatan dan pemerintah desa terus mensosialisasikan berbagai kemudahan layanan adminduk ke masyarakat.

Ia mencontohkan seperti cara menggunakan mesin ADM untuk melakukan pencetakan. Meski teknis kerjanya mirip mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), namun tidak serta merta semua bisa terlayani di mesin ADM tersebut.

“Ada mekanisme yang harus dilalui untuk dapat mencetak Adminduk lewat mesin ADM, yakni masyarakat bisa mengajukan permohonan lewat online, setelah nya kita verifikasi hingga menjadi sebuah produk, baru mendapatkan notifikasi untuk membuka PIN mesin ADM tersebut,”pungkas Sirath Aziz.

Dari kemudahan layanan inovasi tersebut, Sirath Aziz mempersilahkan masyarakat untuk memilih layanan yang ingin digunakan, bahkan sekalipun diinovasi DESAKU TUNTAS, masyarakat bisa menikmati kemudahannya.

“Jika masih bingung bisa bertanya ke petugas Dispendukcapil di setiap Kecamatan, maupun kader Adminduk disetiap desa,”tutup Sirath Aziz (M.yus)

Pos terkait