Harga Mobil Esemka, Review, dan Spesifikasi Terbaru Maret 2020

  • Whatsapp

harianlenteraindonesia.co.id – Resmi Presiden Joko Widodo meresmikan Esemka Bima dan pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (7/9).

Rakyat Indonesia harus cukup lama menunggu mobil ini diresmikan. Padahal salah satu syarat mobil Esemka untuk masuk meja produksi dan dipasarkan sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian Perhubungan sudah cukup lama. Syarat tersebut adalah Sertifikat Uji Tipe (SUT).

Dalam mendapatkan SUT banyak tahapan yang harus dilalui mobil Esemka. Pengujian kendaraan dilakukan berkali-kali oleh Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan. Pengujian tersebut di antaranya adalah uji dimensi, uji kontruksi, uji rem, uji speedometer, turning radius, uji berat, uji klakson, uji slide slip, uji lampu, uji emisi CO dan HC idle, serta pemenuhan persyaratan teknis.

Sebelum mobil Esemka didengungkan ke publik, sebenarnya Indonesia sudah mempunyai mobil Nasional. Namun proyek pengembangannya terhenti dan sampai sekarang tidak dilanjutkan lagi. Mobil Nasional tersebut adalah mobil Timor. Pada era Presiden Soeharto mobil Timor menjadi mobil kebanggaan Indonesia. Dan ketika Pak Harto lengser, mobil Timor pun juga lengser, bahkan beberapa minggu sebelum kelengseran Presiden Soeharto.

Namun sayangnya mobil Esemka bukanlah mobil Nasional yang sebelumnya digembar-gemborkan. Hanya mobil karya anak bangsa yang diproduksi oleh perusahaan nasional.

Layaknya mobil lainnya, tentu kita tidak bisa asal beli jika tidak mengetahui spesifikasi dan harga mobil Esemka. Detailnya sudah diuraikan di ulasan berikutnya, tentang spesifikasi dan harga mobil Esemka. Yuk, simak ulasannya!

Spesifikasi Mobil Esemka

Harga Mobil Esemka, Review, dan Spesifikasi Terbaru Maret 2020
Spesifikasi Mobil Esemka

Kabar tentang peluncuran mobil Esemka semakin ramai di dengar. Sedangkan mobil Esemka sendiri memang sudah lulus uji laik jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor dari Kementerian Perhubungan.

Tercatat ada 8 mobil Esemka yang sudah siap produksi dan masuk pasar otomotif Tanah Air. Ke-8 mobil tersebut adalah mobil Esemka Bima 1.3 (4×2) MT,

Bima 1.8D (4×2) M/T, Niaga 1.0 (4×2) M/T, Digdaya 2.0 (4×2) M/T, dan Borneo 2.7D (4×2) M/T, Bima 1.0 (4×2) MT dan Bima 1.3 L (4×2) MT, serta Garuda 2.0 (4×4) MT.

Untuk bocoran spesifikasi dan harga mobil Esemka sampai saat ini masih belum ada bocoran lebih lanjut. Namun, untuk detail eksterior salah satu varian sudah pernah tertangkap kamera di jalanan Tanah Air. Mobil Esemka tersebut adalah Garuda 1.

Banyak yang mengkaitkan mobil Esemka satu ini dengan mobil asal China Foday Landfort. Lantaran desain keduanya sangat mirip, hanya dibedakan dari emblem saja. Apabila menerka-nerka, bisa saja spesifikasi dari mobil Esemka kurang lebih sama dengan spesifikasi Foday Landfort.

Sedangkan spesifikasi Foday Landfort ditopang dengan mesin bensin 2.378cc Mitsubishi 4G69S4N, serta D19TCID1 Diesel Turbocharged 1.9 liter. Untuk mesin bensin bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 5.250 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 3.000 rpm.

Sedangkan untuk mesin diesel mobil Foday Landfort bisa menghasilkan tenaga sebesar 100 kw pada 4.000 rpm dengan torsi puncak yang bisa dicapai sebesar 300 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Apakah nantinya mobil Esemka menggunakan mesin dari Mitsubishi atau tidak, kita tunggu saja peluncurannya yang kemungkinan segera diresmikan. Kemungkinan juga harga mobil Esemka akan sama dengan harga mobil Foday Landfort.

Harga Mobil Esemka Garuda 1 Bulan Maret 2020

Harga Mobil Esemka, Review, dan Spesifikasi Terbaru Maret 2020
Harga Mobil Esemka Garuda 1 Bulan Maret 2020

Ketertarikan masyarakat Indonesia dengan mobil Esemka memang sangat besar. Hal ini tak lepas dari 8 mobil Esemka yang sudah memenuhi syarat laik jalan.

Ada satu varian mobil Esemka yang menjadi perhatian publik sejak awal 2018, yaitu mobil Esemka Garuda 1. Merupakan mobil SUV dengan desain gahar yang nantinya akan menantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, serta Nissan Terra.

Dipastikan mobil Esemka varian ini memiliki keuntungan yang tak dimiliki mobil SUV lainnya, yaitu soal harga mobil Esemka. Perkiraan harga mobil Esemka Garuda 1 ketika sudah meluncur akan lebih murah dibandingkan 3 mobil SUV tadi.

Soal perkiraan harga mobil Esemka, berapa sih harga mobil Esemka Garuda 1? Apabila melihat desain mobil Esemka Garuda 1 dengan mobil China Foday Landfort yang mirip, bisa saja kemungkinan harga mobil Esemka tidak akan berbeda jauh dengan mobil Foday Landfort. Harga mobil Foday Landfort untuk varian tertinggi dibanderol Rp325 jutaan.

Perkiraan harga mobil Esemka sebesar Rp325 jutaan cukup masuk akal. Kondisi ini tak lepas dari status mobil Esemka yang diproduksi sendiri oleh anak bangsa. Selain itu juga, apabila bercermin dari mobil China yang masuk Indonesia seperti DFSK Glory 580 yang dihargai sekitar Rp300 jutaan, perkiraan banderol harga mobil Esemka ini sangatlah wajar. Karena apabila mencontoh harga mobil dari pabrikan Jepang atau Eropa, kemungkinan besar mobil Esemka kurang bisa bersaing di pasar.

Nah, ingin tahu detail harga mobil Esemka? Yuk simak daftar harga mobil Esemka terbaru. Namun perlu diketahui juga bahwa harga mobil Esemka ini berdasarkan nilai yang tercantum dalam “Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2019 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019”.

Tipe Mobil Esemka Harga Mobil Esemka
Mobil Esemka Garuda 1 2.0 MT Rp209.000.000
Mobil Esemka Bima 1.2 MT Rp81.000.000

Harga Mobil Esemka Bima Maret 2020

Harga Mobil Esemka, Review, dan Spesifikasi Terbaru Maret 2020
Harga Mobil Esemka Bima Maret 2020

Sebelumnya, selain Garuda 1, Esemka Bima 1.2 M/T juga masuk di dalam daftar pengenaan pajak kendaraan bermotor baru yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri.

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 itu, selain ada Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB), biaya balik nama juga tercantum.

Lalu, Jumat (6/9/2019), akhirnya Esemka diresmikan. Peresmian pabrik Esemka di Boyolali itupun langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi dan didampingi para pejabat serta pihak terkait. Bersamaan dengan peresmian pabrik, dua mobil niaga Esemka Bima pickup 1.200cc dan 1.300cc juga dirilis. Untuk harga mobil Esemka Bima ini dibanderol sekitar Rp110 juta. (red)

Pos terkait