Malang, harianlenteraindonesia.co.id
Perumda Tirta Kanjuruhan terus berbenah dan meningkatkan kualitas layanannya bagi pelangan yang saat ini telah lebih dari 145.000. Beberapa inovasi mulai diterapkan untuk memberikan kemudahan bagi pelaggan, diantaranya adalah pemanfaatan aplikasi MyTirtakanjuruhan, yang dapat diunduh di playstore. Banyak fitur yang disediakan pada aplkasi tersebut, diantaranya adalah cek tagihan air, pemasangan SR baru, hingga pengaduan untuk pelanggan agar cepat mendapatkan respon dalam penanganannya.
Tak dapat dipungkiri bahwa Kinerja BUMD Air Minum milik Pemerintah Kabupaten Malang ini, dari tahun ke tahun semakin meningkat, terbukti bahwa selama 4 tahun berturut – turut selalu masuk 3 besar kinerja BUMD Air Minum Nasional, untuk pelanggan dengan jumlah > 100.000. Menanggapi hal tersebut Syamsul Hadi Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan menyampaikan “ Keberhasilan dan raihan kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan setiap tahunnya tidak terlepas dari kerjasama , kolaborasi lintas sector baik vertikal maupun horisontal” , yang disampaikan sesaat setelah Upacara HUT Ke 43 Perumda Tirta Kanjuruhan, 4 Juni 2024 .
Salah satunya adalah kerjasama yang dijalin dengan perbankan, dengan fokus untuk mempermudah pelayanan kepada pelanggan, “sehingga dengan adanya Kerjasama ini, pelayanan kepada masyarakat bisa dipercepat dan dipermudah”, kata Syamsul Hadi. Selain aplikasi, website dan medsos disediakan untuk memudahkan pelayanan. Dengan harapan keluhan pelanggan dapat teratasi sesegera mungkin.
Kedepannya, Perumda Tirta Kanjuruhan akan terus memperluas pelayanan penyediaan air bersih ke masyarakat di Kabupaten Malang. Terlebih, kapasitas sumber air yang setiap m,usim kemarau mengalami penyusutan. “oleh karena itu, Langkah kami membangun beberapa SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum), “lanjutnya. Sebagai contoh, SPAM di Malang Selatan melayani Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan (Sumawe).
Rencananya, SPAM tersebut akan diresmikan agustus 2024 depan. Kemudian tahun depan, ada pembangunan lagi di empat kecamatan. Antara lain Kalipare, Donomulyo, Pagak dan Batur. “Di bagian utara dan barat, kami lakukan beberapa optimalisasi, Seperti di Wendit, kami upayakan tahun ini atau tahun depan mampu menambahan kapasitas”. Kata Syamsul. Sehingga mampu melayani Pakis, Lawang dan Singosari. Sedangkan selanjutnya akan dilaksanakan pemanfaatan Sumber Gentong untuk melayani Pakis dan Tumpang.
Sementara Bupati Malang H.M. Sanusi M.M., menyampaikan “Ditengah tentangan perubahan iklim global, Perumda Tirta Kanjuruhan juga harus mempersiapkan diri dengan berbagai permasalahan dan risiko yang ditimbulkan”, lanjutnya. Di antaranya seperti penurunan debit air baku, pemeliharaan dan peremajaan infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), serta capaian target air minum yang masih belum mencapai 100 persen. (M.yus)