Dinas PUPR Magetan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Bogo Kidul

  • Whatsapp

Magetan,harianlenteraindonesia.co.id

Sebagai upaya mendukung produktifitas hasil pertanian dinas PUPR Magetan melalui bidang SDA melakukan kegiatan rehabilitasi Jaringan Irigasi Bogo kidul . Dalam kegiatan ini dilaksanakan pembangunan Tembok pengaman di sisi utara saluran irigasi primer yang rawan longsor karena disisi Utara ada beda elevasi yang cukup tinggi dengan sisi selatan , Proyek rehabilitasi ini berada di desa Krajan kecamatan Parang kabupaten Magetan.

Kepala Dinas PUPR Magetan, Muhtar Wahid ST, MT,melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Yuli. K Iswahyudi S.T MT menjelaskan” Rehabilitasi Jaringan Irigasi Bogo kidul ini sebagai pengaman saluran irigasi primer yang rawan longsor karena perbedaan elevasi yang cukup tinggi antar 2 sisi Jaringan Irigasi Bogo ini.

Jaringan Irigasi Bogo ini.mengairi baku sawah seluas 56 ha terdiri 2 desa desa Krajan dan desa Sundul di kecamatan Parang. Tujuan kegiatan rehabilitasi ini untuk menjaga fungsi jaringan irigasi agar aliran air irigasi dapat mengalir lancar ke seluruh luasan baku sawah. tanpa harus kawatir terjadi kerusakan jaringan akibat longsor”terangnya. (Selasa , 19/9/2023).

ko

Sujarno salah seorang petani di desa Sundul mengatakan “Kami sebagai petani sangat berterimakasih kepada dinas PUPR Magetan yang telah melakukan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Bogo kidul ini, sehingga mencegah saluran utama rusak. Kalau rusak dipastikan teman teman petani dari 2 desa akan menderita karena ini adalah satu satunya sumber utama air irigasi sawah kami. “jelasnya.

Proyek rehabilitasi Jaringan Irigasi Bogo kidul ini dilaksanakan oleh kontaktor pelaksana C.V Adhi Karya Indah dan konsultan pengawas C.V Legowo Abadi dan dengan anggaran sebesar Rp 196.800.000,00 dan dilaksanakan selama 90 hari kalender.

Video lengkap kegiatan ini bisa di klik
https://www.youtube.com/@lenteraindonesia01

( Jurnalis Beni Setyawan)

Pos terkait