Kedatangan Lima Anggota KPK di Pendopo Kabupaten Malang

  • Whatsapp

Malang, harianlenteraindonesia.co.id

Pendopo Kabupaten Malang yang bertempat di jalan KH Agus Salim Kota Malang didatangi oleh lima anggota Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) pada Senin sore (1/8/22).

Kelima anggota KPK itu disambut Bupati Malang, HM. Sanusi, MM. serta Wakil Bupati, Didik Gatot Subroto dan beberapa Kepala OPD di ruang Anusopati termasuk Kepala Kejaksaan Negeri Kepanjen Malang, Dr. Diah Yuliastuti, SH. MH. Kepala BPN Kabupaten Malang, La Ode Asrafil, Kepala Inspektorat Kabupaten Malang, Tridiyah Maestuti.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepanjen, Diah Yuliastuti mengungkapkan bahwa saat ini kepala kejaksaan negeri Kepanjen sudah melakukan koordinasi dengan KPK untuk tindakan pencegahan Korupsi dan pengamanan aset milik daerah yang dikuasai oleh pihak ketiga. Terkait kasus tanah asset yang saat ini sedang berlangsung di Pengadilan Negeri Kepanjen, secara kebetulan Kejaksaan Negeri Kepanjen mendapatkan kuasa sebagai pengacara negara di bidang perdata (Datun).

Selain itu, soal tanah aset Pemkab Malang ini, juga bekerjasama dengan BPN hal itu karena menyangkut legitimasi status dan identifikasi aset (sertifikat). Kepala BPN Kabupaten Malang, La Ode Asrafil, saat keluar dari ruang Anusopati menyampaikan bahwa KPK tengah membahas soal sengketa tanah aset yang saat ini sedang ada gugatan di pengadilan. Salah satunya ialah sengketa dengan Dr. Hesti Lestari.
Atas dasar MoU tanggal 22/6/2022 dengan Kejaksaan (datun) untuk memfasilitasi, menurutnya soal beberapa aset di Kabupaten Malang sendiri, Pemkab Malang juga meminta pendampingan dari Kejaksaan sebagai pengacara negara terkait aset-aset bermasalah dengan pihak ketiga.

Pos terkait