Mencoba Glamping di The Lodge Maribaya, Berikut 5 Tempat Camping di Bandung

  • Whatsapp

harianlenteraindonesia.co.id РBandung adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di dataran tinggi. Karena itu, Bandung memiliki sejumlah tempat yang menarik untuk aktivitas camping atau berkemah. Aktivitas ini cocok bagi wisatawan yang ingin melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari dengan menikmati suasana alam terbuka.  Berkemah juga dapat menjadi salah satu cara untuk menikmati quality time dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkemah di daerah Bandung, berikut adalah 5 tempat berkemah di sana:

1. Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata alam yang lokasinya sekitar satu setengah jam dari Kota Bandung. Tepatnya wisata alam ini terletak di Jalan Raya Ciwiday-Patengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Letaknya yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) menjadikan suasana di Ranca Upas sejuk dan segar.

Suhu udara di kawasan tersebut sekitar 17-20 derajat celcius. Tempat wisata ini juga menyajikan pemandangan asri pegunungan untuk dinikmati para wisatawan. Sarana pelengkap di Ranca Upas juga cukup lengkap. Ada kamar mandi umum dan masjid. Ada pula penangkaran rusa, pemandian air panas, dan persewaan ATV.

Harga tiket masuk Kampung Cai Ranca Upas untuk wisatawan domestik adalah Rp 22.000. Untuk wisatawan mancanegara harganya Rp 44.000. Tiket berkemah adalah Rp 11.000 per orang untuk satu malamnya.

2.Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang

Tempat berkemah selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang. Lokasi bumi perkemahan ini di Jalan Mekarsari , Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang terbagi menjadi 3 blok. Blok atas dan tengah merupakan bukit rerumputan. Namun, di blok atas terdapat rawa kering.

Blok bawah berada di pelataran rumput datar di tepi sungai. Tempat yang menjadi tempat camping favorit pengunjung adalah blok bawah. Tempat kemah ini menyediakan area khusus Glamping atau Kemping Keluarga Eksklusif begi wisatawan yang ingin berkemah bersama keluarga tanpa repot membawa tenda dan peralatan kemah lainnya.

Tiket masuk ke Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang hanya seharga Rp 12.000 per orang dan Rp 10.000 untuk mobil.

3.Pine Forest Camp

Pine Forest Camp adalah area perkemahan eksklusif yang dikelilingi hutan pinus. Lokasinya di Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya di perbukitan dengan ketinggian 1.200 mdpl membuat Pine Forest Camp memiliki udara sejuk dan lingkungan asri. Pohon pinus rimbun ditambah dengan rumput hijau yang menghiasi area pekemahan membuat tempat kemah ini nyaman dan menyenangkan.

Kawasan kemah ini juga memiliki fasilitas cukup lengkap. Ada kamar mandi umum, jalur trekking, area api unggun, gazebo, mushala, dan aula terbuka. Ada pula area outbond dengan berbagai permainan, seperti high rope, low rope, dan flying fox.

Tiket masuk ke Pine Forest Camp adalah Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk tiket masuk dan sewa area camping harganya senilai Rp 50.000 per orang untuk satu malam.

4.The Lodge Maribaya

Tempat perkemahan satu ini cocok untuk wisatawan yang ingin mencoba Glamping. The Lodge Maribaya berlokasi di Jalan Maribaya nomor 149/252, Babakan, Gentong, Cibodas, Lembang.

Fasilitas Glamping di The Lodge Maribaya dilengkapi dengan tenda permanan dengan bentuk unik, water heater, kasur, dan perlengkapan mandi layaknya di hotel. Wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain di wahana yang ada. Salah satunya adalah balon udara yang menjadi spot foto menarik. Balon tersebut tidak terbang kemana-mana, tetapi wisatawan dapat melihat area seputar dari ketinggian.

Harga tiket masuk ke dalam kawasan The Lodge Maribaya berkisar dari Rp 20.000-Rp 35.000 per orang. Untuk Glamping,harganya mulai dari Rp 600.000 per malam.

5.Terminal Wisata Grafika Cikole

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Tangkuban Perahu km 8, Cikole, Lembang, Bandung Barat. Tempat kemah ini cocok untuk wisatawan yang ingin berkemah dengan keluarga di tengah hutan pinus. Untuk penginapan, Grafika cikole memiliki beberapa piihan, yakni Urban Camp, camping massal, camping keluarga, dan pondok wisata alam. Urban Camping adalah pilihan untuk kamu yang ingin Glamping di tengah alam hutan pinus. Camping massal adalah area camping tenda untuk rombongan besar. Dan camping keluarga adalah area camping berupa tenda-tenda keluarga.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah flying fox, paintball, dan turun tebing. Tiket masuk ke Terminal Wisata Grafika Cikole adalah Rp 20.000 per orang.

Pos terkait