Selama PPKM Darurat, Dispendukcapil Kabupaten Malang Tetap Layani Kepengurusan

  • Whatsapp

Malang, harianlenteraindonesia.co.id

Meski dalam masa Pembatasan Kegaiatan Masyarakat (PPKM) darurat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, tetap memberikan layanan bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan (Adminduk).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang, Sirath Aziez, mengatakan, masyarakat bisa melakukan semuanya melalui sistem online yang telah disediakan.

“Kecuali bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman untuk foto E-KTP itu memang harus datang langsung ke kantor,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Aziz ini menjelaskan, sistem pelayanan online ini telah lama diterapkan di Kabupaten Malang. Karena itu walau masih dalam masa pandemi ini, tidak banyak perubahan aturan yang diberikan kepada warga yang akan melakukan pengurusan berkas kependudukan.

“Mereka tidak perlu datang ke kantor Dispendukcapil untuk mengurus keperluannya. Bisa dari rumah, dan itu sudah lama kami menerapkan,” jelasnya.

Dalam penerapan sistem online tersebut, lanjut Aziz, Dispendukcapil Kabupaten Malang, privasi waktu masyarakat tetap aman, walaupun beberapa waktu lalu telah terjadi peretasan data oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hal itu, kata Azis, terus menerus agar kejadian yang merugikan tersebut tidak terulang kembali, dengan cara meningkatkan sistem keamanan.

“Terus kami perbaiki, dan sudah kami antisipasi agar hal itu (peretasan data) tak sampai berulang kembali,” pungkasnya.

Pos terkait